Selasa, 15 Juli 2008

BUKAN SULAP BUKAN SIHIR

BUKAN SULAP BUKAN SIHIR...
GURU BISA SULAP, MURID CENGAR-CENGIR...

*R.A. Hartyanto

Suatu kebanggaan bagi guru jika di muka kelas dapat membuat murid takjub, tertegun, dan terheran-heran. Rasa takjub itu kemudian menjadi rasa ingin tahu dan penasaran. Antusiasme yang tinggi itu adalah salah satu modal penting dalam pembelajaran. Bagaimanakah menampilkan pertunjukan yang menghibur sekaligus menarik perhatian murid? Salah satunya adalah dengan menciptakan sebuah pertunjukan sulap yang mencengangkan. Trik ini pernah saya gunakan ketika saya ingin menunjukkan kepada murid-murid saya bahwa tak selamanya mata dapat dipercaya...

Pertama mintalah salah seorang murid untuk maju ke muka kelas, posisikan dalam keadaan berhadapan dengan Anda! Sedangkan murid yang lain boleh mengikuti dari tempat masing-masing. Mintalah murid-murid Anda untuk menyentuhkan kedua jari mereka bersamaan sekitar 30 cm (12 inci) di depan wajah mereka. Apakah mereka melihat sesuatu yang aneh? Sekarang mintalah mereka untuk melihat melewati jari mereka ke arah Anda.

Mereka akan melihat sesuatu seperti sepotong sosis kecil di antara jari mereka. Ulurkan tangan anda dan raihlah “sosis’ itu. Berpura-puralah memasukkan sesuatu ke dalam mulut Anda dan mengunyahlah.

Minta mereka untuk melihat kembali jari mereka. Cringggg!!!.......Sosis itu telah menghilang.

Tidak ada komentar: