Kamis, 20 Maret 2008

Analisis Wujud Clurit

ANALISIS WUJUD BENDA KESENIAN

CLURIT

oleh : R.A. Hartyanto

  1. Wujud

Unsur-unsur pembangun wujud :

    1. Bentuk

Sesuai dengan fungsinya, Bentuk fisik clurit yang menyerupai bentuk “tanda tanya (?)” telah memenuhi komposisi yang tepat. Karena dengan desain clurit yang sedemikian rupa dapat memudahkan dalam pemakaiannya.

Gagang Clurit terbuat dari kayu pilihan yang dibalut dengan rajutan benang, hal ini selain untuk memperindah penampilan juga untuk memberikan kesan “comfortable” atau kenyamanan pada pemakai.

Selain itu juga pada mata Clurit juga terdapat ukiran-ukiran yang selain untuk menambah keindahan juga mengisyaratkan sisi religius masyarakat pemakai Clurit ( masyarakat Madura ) yang kuat sehingga dapat selalu mengingatkan pemakai kepada Tuhan YME.

    1. Struktur

      1. Unity (keutuhan)

Apabila rajutan benang dan ukiran yang terdapat pada Clurit tersebut tidak ada, maka akan mengurangi keutuhan yang ada pada Clurit tersebut sehingga masing-masing unsure yang terdapat pada Clurit ini saling melengkapi.

      1. Balance (keseimbangan)

Keseimbangan pada Clurit ini dapat dilihat antara gagang dan mata Clurit, karena kesesuaian antara panjang dan berat Clurit ini sudah memenuhi standar bagi pemakai sehingga pemakai merasa nyaman ketika memakainya . Hal ini dapat dilihat pula bahwa meskipun mata Clurit lebih panjang dari gagang namun berat gagang mampu menyesuaikan atau mengimbangi panjang mata Clurit sehingga dalam hal ini telah terjadi suatu keseimbangan.

      1. Dominance (penonjolan)

Clurit identik dengan penonjolan segi negative dalam pemakaian, misalnya Clurit dikenal dengan alat untuk membunuh. Namun tidak semua clurit memiliki kesan seperti itu. Sebab pada clurit yang menjadi objek kami disini “dominance”nya pada segi keindahannya bukan dari segi fungsinya. Keindahan clurit ini terletak pada ukiran dan gagang yang dilapisi rajutan benang.

  1. Substance / isi

Mata Clurit terbuat dari bahan logam yang telah didesain sedemikian rupa, bahkan pada Clurit yang lain dari clurit-clurit biasanya (clurit keramat yang berbau mistis) mata clurit terbuat dari logam tertentu yang sebelumnya telah disucikan dengan ritual-ritual yang berbau mistis atau gaib.

  1. Presentation (penampilan)

Clurit yang dipakai oleh masyarakat Madura memiliki beberapa macam penampilan sesuai dengan fungsinya. Seperti Clurit yang kami jadikan objek penelitian ini adalah salah satu macam clurit hias dari Madura yang telah diberi berbagai aksesori atau hiasan tambahan seperti ukiran-ukiran bernafaskan islami dan rajuta-rajutan benang dengan berbagai macam warna.



Tidak ada komentar: