Kamis, 20 Maret 2008

Kohesi & Koherensi Kalimat Iklan "Bajaj Pulsar DTS-I"

ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI KALIMAT PADA IKLAN

BAJAJ PULSAR DTS-I

oleh : R.A. Hartyanto

Larilah sekencang mungkin dan tak perlu berteriak ! Karena Pulsar 180 DTS-I* akan terus mengejar Anda hingga ke dalam terowongan terpanjang sekalipun. Dengarkan raungan mesin bertenaga 16,5 hp dengan torsi 15,22 newton meter yang menghasilkan kekuatan yang tak pernah Anda bayangkan. Siapkah Anda menaklukkan Black Terror yang satu ini ?


Kalimat diatas merupakan kalimat iklan berjenis iklan komersial. Adapun dari kalimat iklan diatas diperoleh hasil analisis sebagai berikut :

  • Penanda kohesi

  • Pronomina

Pada kalimat iklan diatas, pronomina diwakili oleh pemakaian kata “Anda” yang berfungsi sebagai pronomina persona kedua karena kata “anda” dimaksudkan untuk menetralkan hubungan, jadi iklan ini tidak diarahkan pada satu orang yang khusus.

  • Konjungsi

Kata “dan” pada “Larilah sekencang mungkin dan tak perlu berteriak!” dapat dikatakan sebagai konjungsi, tepatnya sebagai konjungsi koordinatif karena menghubungkan dua unsur yang sama pentingnya.

  • Koreferensi

Antara “Pulsar 180 DTS-I*” dan “Black Terror” maknanya sama sekali berbeda, akan tetapi “Pulsar 180 DTS-I*” sebagai kata yang digantikan dan “Black Terror” sebagai kata pengganti menunjuk ke referen yang sama.

  • Penanda Koherensi

    • Penekanan

Penambahan partikel –lah pada kata “Larilah”, -pun pada “sekalipun” serta partikel –kah pada kata “Siapkah” adalah bukti adanya penekanan pada kalimat iklan di atas.

    • Syarat hasil

Kata “karena” pada iklan diatas menyatakan hasil suatu kegiatan yang disertai dengan syarat-syarat yang harus dilakukan. Maksudnya ialah bahwa Pulsar 180 DTS-I* akan terus mengejar Anda hingga ke dalam terowongan terpanjang dengan syarat Anda berlari sekencang mungkin dan tak perlu berteriak.

    • Hasil simpulan

Pada akhir susunan kalimat iklan diatas ditambahkan sebuah penegasan yang berupa kesimpulan “Siapkah Anda menaklukkan Black Terror yang satu ini ?” maksud dari kesimpulan ini adalah : Siapkah Anda menaklukkan Pulsar 180 DTS-I ?(jika Pulsar 180 DTS-I* akan terus mengejar Anda hingga ke dalam terowongan terpanjang saat Anda berlari sekencang mungkin dan tak perlu berteriak)

Tidak ada komentar: